Manhaj:Komprehensif, Moderat, Mudah

Ga boleh belajar filsafat, sesat!

Jangan pilih partai itu, isinya orang kafir!

Jangan bertemen sama *sebut etnis, mereka pelit, galak, *sebut hal buruk!

Jangan Muharaman, bidah!

Pernah kah kalian mendengar atau membaca hal tersebut? Atau jangan-jangan kalian adalah pelakunya? No hard feeling, mungkin itu sebab kalian belum pernah mendengar konsep Islam sebagai Manhaj.

Islam sebagai Manhaj berarti Islam sebagai pedoman bagi para penganutnya yang bersifat komprehensif, moderat, serta memudahkan.

Komprehensif berarti mampu menerima dengan baik serta memiliki pandangan yang luas. Kemudian, Islam sebagai Manhaj yang komprehensif sendiri mencakup dimensi panjang, lebar, dan dalam. Panjang dalam hal ini mencakup urusan dalam lingkup vertikal atau urutan waktu yang dimulai dari kelahiran hingga kematian. Lebar berarti mencakup urusan horizontal atau hubungan insan dengan lingkungannya. Adapun maksud dari dalam adalah mengatur kehidupan manusia yang bersifat lahiriah dan batiniah.

Jadi komprehensif pada Manhaj Islam berarti Islam sebagai agama yang memberikan pedoman yang lengkap untuk menjalani hidup yang baik bagi seluruh umat manusia dengan harapan umatnya dapat memiliki pandangan yang luas beserta pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

Islam sebagai Manhaj yang seimbang atau moderat adalah tidak ada porsi yang berlebihan. Umat Islam seharusnya tidaklah berekstrim kanan ataupun kiri, tetapi di tengah-tengah atau seimbang sebab Islam telah menyeimbangkan pemakaian logika dan perasaan, kesehatan jasmani serta rohani, urusan dunia maupun akhirat, dan banyak lagi.

Seimbang atau moderat bagi Islam berarti Islam telah mengatur keseimbangan bagi manusia serta lingkungannya.

Islam sebagai Manhaj yang memudahkan umatnya untuk berkegiatan dan beribadah. Contohnya, melakukan tayamum ketika tidak ada air, menggabung waktu sembayang ketika dalam perjalanan, mendahulukan makan untuk kekhusyuan sembayang, dan lainnya.

Islam itu mudah, cuma pola pikir kamu aja yang ribet dan malas belajar” ujar Ust. Mushalli

Konsep Manhaj dalam Islam apabila dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tentulah terjadi kedamaian pada manusia sebab statement kalimat pembuka seharusnya tidak akan ada.

Bersikap komprehensif yang tidak melarang umatnya untuk terus belajar, moderat dan seimbang yang mengharuskan umat Islam untuk tidak anti terhadap suatu kaum, dan mudah serta ringan dalam berkegiatan ataupun beribadah tanpa harus dicaci-maki.

Kajian Islam Kontemporer bulan September 2020.

negasi dalam narasi